gambar vektor dan bitmap

Posted by : galang ihsan
الخميس، 7 فبراير، 2013


·         Gambar Vektor



Vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan perhitungan matematis. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: .CDR, .AI, .SVG, .EPS, dan dll . Gambar Vektor menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun diperbesar atau diperkecil, tidak seperti gambar Bitmap. Gambar bertipe vektor terbentuk dari garis dan kurva hasil dari perhitungan matematis dari beberapa titik, sehingga membentuk suatu objek gambar. Vektor menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Tampilan gambar vektor, walaupun bersifat relatif lebih kaku daripada tampilan bitmap, kualitasnya tidak bergantung kepada resolusi gambar.
      Gambar tipe ini bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada tingkat resolusi sebesar apapun tanpa kehilangan detil dan ketajaman gambar. Tampilan vektor merupakan pilihan terbaik ketika harus menampilkan gambar-gambar yang harus bisa mempertahankan ketajaman garis ketika ukuranya diubah. Ketika bekerja dengan gambar Vektor, kita akan mengedit objek berdasarkan perhitungan matematis-nya.
      Karena monitor menampilkan gambar dengan cara menggunakan jaringan titik, maka kedua macam tipe gambar (bitmap dan Vektor) akan diperlihatkan sebagai pixel pada layar monitor. Begitu juga ketika kita hendak menampilkan gambar Vektor ke suatu halaman web, dimana kita harus melakukan export gambar Vektor tersebut ke format yang di dukung oleh browser (JPG, GIF, PNG, dll). Sifat gambar vektor yang telah di export tersebut otomatis berubah menjadi tipe bitmap/raster, meskipun dibuat dengan program/software penghasil gambar Vektor.
      Berbeda dengan bitmap, vektor gambar merepresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor. Misal untuk menggambar lingkaran maka didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis pembatas lingkaran. Didalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran. Kedua cara perepresentasian gambar tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing. Pada gambar bitmap sangat baik digunakan untuk merepresentasikan gambar yang sangat kompleks dan detail. Tetapi kekurangannya adalah ukuran filenya tergantung dari ukuran gambar dan resolusinya.

·         Gambar Bitmap

      Bitmap yaitu representasi dari citra gambar yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya 300px/inch (satuan ini sering dipakai agar hasil cetak tidak pecah, lebih besar lebih bagus). Terkadang resolusi diartikan sebagai lebar dan panjangnya suatu media, namun pada pembahasan format gambar Resolusi diartikan sebagai banyaknya warna atau titik warna dalam satuan ukuran tertentu. Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX ,TIFF. JPEG, GIF, dll.
      Gambar bitmap bisa disebut juga dengan gambar raster merupakan kumpulan kotak-kotak kecil (pixel). Titik-titik pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri yang secara keseluruhan akan membentuk sebuah tampilan. Gambar bertipe bitmap sesungguhnya adalah mozaik dari ribuan atau jutaan pixel. Ketika bekerja dengan gambar bitmap kita akan mengedit pixel-pixel yang merupakan bagian dari sebuah objek gambar.

      Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi warna dan bayangan dari sebuah gambar, karena itu tipe bitmap merupakan media elektronik yang paling tepat untuk gambar-gambar dengan perpaduan gradasi warna yang rumit, seperti foto dan lukisan digital. Gambar bitmap sangat tergantung dengan resolusinya, karena setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti. Hal ini berarti bahwa sebuah gambar akan sangat tergantung dari jumlah pixel yang membentuknya. Apabila dilakukan pembesaran ukuran gambar dengan resolusi kecil, maka gambar akan kehilangan detil dan akan terlihat kotak-kotak pixel yang berundak (jagged).
      Pixel-pixel yang membentuk gambar tersebut memiliki warna warna tertentu dan jumlah warna yang boleh dimiliki oleh suatu gambar dinamakan intensitas. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, 16 juta warna (true color) gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white). Semakin banyak jumlah warna dalam suatu gambar maka gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Jumlah warna maksimum dari gambar dapat dilihat dari jenis filenya. Misal file gambar yang berekstensi .jpg akan memiliki maksimum 16 juta warna, atau file yang berekstensi .gif memiliki jumlah warna maksimum 256.
      Jika file bitmap diperbesar maka ketajaman gambar akan berkurang. Sedangkan pada vektor gambar ukuran gambar tidak mempegaruhi ukuran file. Jika gambar diperbesar maka ketajamannya tetap sama dengan sebelumnya. Ukuran file dari gambar vektor dipengaruhi oleh kompleksitas dari persamaaan vektor yang digunakan. Misal ada dua gambar yang besarnya sama. Gambar yang pertama adalah gambar lingkaran sedangkan gambar yang kedua adalah gambar tali yang melingkar tidak beraturan. Ukuran file gambar tali akan lebih besar daripada gambar lingkaran. Kekurangan dari vektor gambar tidak mampu menampilkan gambar secara detail dan kompleks.
      Perangkat lunak untuk Image editor yang menggunakan gambar jenis bitmap antara lain adobe photoshop, corel photopaint, dan lain lain. Sedangkan yang menggunkan gambar vektor gambar antara lain corel draw adobe ilustrator, macromedia flash. Dari kelebihan dan kekurangan kedua jenis gambar tersebut maka sebelum mendesain suatu obyek perlu dipertimbangkan terlebih dahulu tujuan dari pembuatan obyek tersebut.

2.1  Kelebihan dan kekurangan gambar vektor dan bitmap

Kelebihan Gambar Vektor
·         Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien.
·         Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya.
·         Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda.
·         Menggambar dan menyunting bentuk vektor relative lebih mudah dan menyenangkan.
Kekurangan Gambar Vektor
·         Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap

Kelebihan Gambar Bitmap
·         Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
·         Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

Kekurangan Gambar Bitmap
·         Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
·          Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah


2.2  Perbedaan gambar vektor dan bitmap
Vektor
Bitmap
Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Disusun oleh objek yang disebut pixel
Sifatnya resolution independent
Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi
Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak
Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
Ukuran penympanan relatif kecil
Ukuran penympanan relatif besar
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.
Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera.
Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP

2.3  Program aplikasi vektor dan bitmap
Aplikasi gambar berbasis vektor

- Adobe Illustrator
 adalah editor gambar vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems . Ilustrator mirip dalam lingkup, pasar dimaksudkan, dan fungsionalitas untuk pesaingnya, CorelDRAW , Xara Designer Pro dan Macromedia FreeHand. Versi terbaru, Illustrator CS6, adalah generasi keenam belas dalam lini produk.

- CorelDRAW
 adalah editor gambar vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation of Ottawa , Kanada . Ini juga merupakan nama Corel Graphics Suite, yang bundel CorelDraw dengan editor gambar bitmap, Corel PhotoPaint , dan lainnya yang berhubungan dengan program gambar. Versi terbaru ditunjuk X6 (setara dengan versi 16), dan dirilis pada Maret 2012.

- Creature House Expression
adalah vektor editor gambar awalnya dikembangkan oleh Creature Rumah di Hong Kong, Fractal Design Corporation dan kemudian MetaCreations sebagai pendamping untuk kemudian- Fractal Desain / Painter MetaCreations . Pada saat itu, Creature House adalah Hong Kong independen software studio. Ekspression mencoba untuk menduplikasi Painter UI sedekat mungkin dan tersedia untuk Mac OS dan Windows. Beberapa saat setelah Fractal Desain dan MetaTools bergabung ke MetaCreations, sebuah perusahaan publik, manajemen memutuskan untuk menipis portofolio produk dan fokus pada audiens yang lebih spesifik. Ekspression akhirnya kembali dengan Creature Rumah yang merilis dua versi perangkat lunak di bawah nama merek mereka sendiri, Expression 2 dan Ekspression 3.Microsoft Expression 3 tersedia secara gratis.
      Akhirnya, Microsoft membeli Rumah Creature dan perkembangan lebih lanjut di bawah Acrylic. Pada tahun 2007, aplikasi Expression asli menjadi bagian dari Expression Studio Microsoft suite aplikasi, namanya dan ditulis ulang di WPFsebagai Desain Microsoft Expression . Windows XP dan Vista versi yang tersedia, walaupun Mac OS dukungan secara resmi telah dihentikan.

- Xara
 adalah perangkat lunak berbasis perusahaan yang didirikan pada tahun 1981. Xara telah mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai platform komputer, dalam urutan kronologis: The Atom Acorn, BBC Micro, Z88, Atari ST, Acorn Archimedes, Microsoft Windows dan Linux . Xara pada awalnya disebut Konsep Komputer (OS), nama perusahaan berubah di tahun 1995 menjadi Xara, dan kemudian ke Grup Xara, Pada tanggal 30 Januari 2007, Xara diakuisisi oleh perusahaan Jerman. MAGIX AG, dan sekarang beroperasi sebagai sepenuhnya dimiliki anak perusahaan.

- Zoner
Draw  adalah Vektor Graphics Editor yang memungkinkan Anda membuat dan bekerja dengan gambar, peta, ilustrasi, dll. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat bentuk sendiri, menyisipkan gambar, dan menggunakan template untuk album, kartu nama, label CD, brosur, kartu ucapan, undangan, dll. Fitur Zoner Menggambar termasuk alat untuk ilustrasi dan desain gambar seperti bentuk-bentuk geometris, termasuk pre-defined poligon, mengedit kurva canggih, dan jenis mengisi. Ini mencakup perangkat untuk peta dan gambar seperti denah, diagram pemasaran, diagram proses dan juga merupakan alat yang populer untuk mempersiapkan berbagai gambar web. 

Aplikasi gambar berbasis bitmap

- Corel Photo-Paint adalah raster editor gambar dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel sejak tahun 1992. Corel saat ini pasar perangkat lunak untuk sistem operasi Windows, yang sebelumnya memiliki versi dipasarkan untuk Linux dan Mac OSPesaing pasar utamanya adalah Adobe Photoshop. Pada tahun 2006, Corel merilis versi 13 sebagai Photo-Paint X3, menggunakan konvensi penamaan ini untuk rilis berikutnya serta untuk CorelDRAW , termasuk dengan Photo-Paint di CorelDRAW Graphics Suite . Versi saat ini adalah Photo-Paint X6. Corel telah dipasarkan edisi terbatas Photo-Paint yang disebut Corel Photo-Paint dengan HP hardware scanning, misalnya, HP Scanjet scanner 5p

- Adobe Photoshop adalah program editing gambar yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Systems. Adobe " Creative Suite " rebranding menyebabkan penggantian nama Adobe Photoshop 8 untuk Adobe Photoshop CS. Dengan demikian, Adobe Photoshop CS6 adalah rilis utama ke-13 dari Adobe Photoshop. Rebranding CS juga menghasilkan Adobe menawarkan berbagai paket perangkat lunak berisi beberapa program Adobe. Untuk mengurangi harga Adobe Photoshop dilepaskan dalam dua edisi: Adobe Photoshop, dan Adobe Photoshop Extended, dengan diperpanjang memiliki penciptaan gambar ekstra 3D, gerak editing gambar, dan fitur gambar lanjutan analisis. Adobe Photoshop Extended termasuk dalam semua penawaran Adobe Creative Suite kecuali Standar Desain, yang meliputi Adobe Photoshop edisi. Adobe hanya mendukung versi Windows dan Macintosh dari Photoshop, tetapi menggunakan Wine, Photoshop CS5 dapat berjalan cukup baik di Linux.

- Adobe PhotoDeluxe adalah berorientasi konsumen image editing software garis diterbitkan oleh Adobe Systems sampai 8 Juli 2002. Pada waktu itu digantikan oleh yang baru diluncurkan software image editing Adobe konsumen berorientasi, Photoshop Elements . Dukungan teknis tidak lagi disediakan oleh Adobe untuk lini software PhotoDeluxe. PhotoDeluxe memiliki berbagai kemampuan pengolahan citra untuk fotografer rumah dan handler gambar. Ini termasuk menghapus mata merah , tanam, dan menyesuaikan kecerahan , kontras , dan ketajaman . Ini juga termasuk software untuk mengekstrak gambar dari scanner gambar . Di antara fungsi disertakan adalah kemampuan untuk secara dinamis mengubah ukuran foto dan ekspor mereka dalam berbagai macam format. 

- Paint Shop Pro (PSP) adalah raster editor gambar dan, kemudian di seri, sebuah vektor editor gambar untuk komputer yang menjalankan Microsoft Windows sistem operasi yang pada awalnya diterbitkan oleh Minneapolis berbasis Jasc Software . Pada bulan Oktober 2004, Corel Corporation membeli Software Jasc dan hak distribusi ke Paint Pro Shop.  The X-edisi bernomor telah dijual dalam dua versi: PaintShop Pro, yang merupakan program pengeditan dasar, dan PaintShop Pro Ultimate, yang bundel dalam program mandiri lainnya. Program-program paket khusus telah bervariasi dengan setiap versi nomor dan belum dijual oleh Corel sebagai produk terpisah.

- Paint (sebelumnya Kuas untuk Windows) adalah sederhana lukisan gambar program yang telah disertakan dengan semua versi Microsoft Windows . Hal ini sering disebut sebagai MS Paint atau Microsoft Paint. Program ini membuka dan menyimpan file sebagai bitmap dengan ekstensi 
bmp, JPEG , GIF (tanpa animasi atau transparansi, PNG (tanpa alpha channel ), dan TIFF (tanpa dukungan beberapa halaman). Program ini bisa dalam mode warna atau dua warna hitam-putih , tetapi tidak ada grayscale mode. Untuk kesederhanaan, dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam versi awal Windows-memperkenalkan banyak lukisan pada komputer untuk pertama kalinya dan masih memiliki asosiasi yang kuat dengan kegunaan langsung dari Windows lama kerja.



2.4  Contoh gambar vektor dan gambar bitmap




2.5  Cara merubah gambar bitmap ke vektor ataupun sebaliknya
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dan dibentuk dari tataan pixel-pixel yang masing-masing pixel memiliki atribut warna tersendiri. Bitmap biasanya berformat .bmp, .jpg, .gif. Sedangkan Vektor adalah suatu bidang yang dibuat dari unsur garis dan kurva. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Vektor biasanya berformat .swf, .wmf, .cdr dan .ai.
      Untuk alasan tertentu, terkadang kita ingin mengubah gambar jenis bitmap menjadi vektor. kita bias mengubah gambar bitmap tersebut menggunakan Corel Draw. Caranya sebagai berikut:
1.      Pilih gambar/image bitmap 
2.      Klik Bitmap pada menubar, lalu pilih Trace Bitmap 
3.      Setelah itu akan muncul beberapa pilihan type (line art, logo,dan teman-temannya) pilih salah satu, dan nantinya akan muncul window baru. 
4.      Pada window tampak gambar asli (Bitmap) dan gambar trace berupa gambar vektor. 
5.      Pada tampilan menu Options
a)      Type of image, pilih salah satu (misal pilih logo atau yang lain coba-coba saja dan lihat perubahan pada tampilan vektornya)
b)      Atur smoothing dan detail sesuai keinginan, lihat perubahan pada tampilannya 
c)      Color mode untuk menentukan mode warna pada gambar vektor hasil trace.
d)     Pada menu options, kotak delete original image, jika diaktifkan maka nanti gambar bitmap akan terhapus, diganti gambar vektor pada halaman corel draw- nya
6.      Setelah anda selesai mengedit gambarnya klik OK.
7.      Terlihatlah hasil gambar yang anda rubah tersebut dihalaman Corel Draw 
Lalu bagaimana jika kita memiliki gambar vektor tapi ingin dirubah ke bitmap? Caranya lebih mudah dan cepat. Masih tetap menggunakan Corel Draw
1.      Pilih gambar vektornya 
2.      Setelah gambar dibuka klik File di menubar lalu klik export 
3.      Lalu pada kotak Save as Type pilih ekstensi yang biasanya digunakan pada file bitmap misalnya *.jpg 
4.      Terakhir klik save 





0 التعليقات:

Copyright © 2012 go-b3loger | Another Theme | Designed by Johanes DJ