Diet Adalah Kelaparan

Posted by : Unknown
الثلاثاء، 12 فبراير 2013



           
            Salah satu cara untuk mengurangi berat badan adalah dengan diet. Tetapi tubuh menginterpresentasikan diet sebagai suatu “kelaparan”. Diet memicu terjadinya perubahan proses metabolisme. Makanan dipakai lebih efisien sehingga kalori yang dibakar lebih sedikit. Nafsu makan orang-orang yang berdiet meningkat dan sel-sel penyimpanan lemak yang kelaparan dengan cepat diisi kembali pada saat diet berakhir.
         Cara lain untuk menurunkan berat badan ialah berolah raga. Tetapi, perubahan yang didapatkan sangat lambat. Untuk menurunkan 0,5 kg berat badan, kita harus menggunakan energy sebanyak 3.500 kilo kalori. Anda dapat melakukannya dengan jogging selama 4 jam atau dengan bermain tenis selama 8 jam tanpa berhenti.
         Pada saat diet menjadi obsesi  yang salah, ini merupakan suatu akibat yang fatal, yang ditimbulkan adalah anorexia nervosa. Kelainan ini banyak dijumpai pada wanita usia remaja dan usia 20-an.
         Penderita anorexia nervosa memiliki persepsi yang salah tentang berat tubuhnya. Mereka amat takut kegemukan .Sehingga membiarkan dirinya kelaparan dan berolah raga secara berlebihan. Kelainan ini banyak didorong oleh factor-faktor emosional.
         Penyakit lain yang berhubungan dengan diet adalah bulimia. Setidaknya 20% wanita usia 20-an menderita bulimia. Kebanyakan dari mereka berpendidikan tinggi. Mereka terlihat sehat dari luar, tetapi konsumsi makanan mereka tidak terkontrol. Dalam waktu 1 jam mereka mampu makan secara berlebihan, untuk kemudian dimuntahkan lagi. Ada juga yang menggunakan obat pencahar.
         Pengeluaran yang berulang-ulang dapat menbahayakan usus. Muntah berulang-ulang yang membawa cairan ginjal ke mulut, dapat mengikis gigi sampai ke akar. Penderita bulimia kronis dpat meninggal karena kerusakan jantung, kerusakan ginjal, atau pecahnya perut.
         Banyak yang menganggap bahwa melakukan muntah-muntah adalah cara yang paling sederhara untuk menurunkan berat badan. Makan merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi para penderita bulimia, tetapi dengan memuntahkan makanan mereka dapat melepaskan kemarahan dan keputus asaannya.

0 التعليقات:

Copyright © 2012 go-b3loger | Another Theme | Designed by Johanes DJ